Ketua FK BPD Lutim, Darson Lasampa, Pentingnya Lembaga BPD Selaku Badan Pengawas Di Tingkat Desa

Atas Post

LUTIM, SINYAL TAJAM. COM – Anggota BPD Manurung, Darson Lasampa yang juga merupakan Ketua FK BPD Lutim, mengingatkan dan mengajak Legislator Desa yang bernaung dibawah lembaga Badan permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Lutim untuk senantiasa berdiri sejajar guna menyuarakan kepada pemerintah Kabupaten Lutim tentang betapa pentingnya penguatan lembaga BPD selaku badan Permusyawaratan dan badan pengawasan di tingkat desa.

Hal ini di sampaikan Darson Lasampa melalui surat pernyataan secara terbuka pada 20 September 2022.

Dalam isi surat tersebut, Darson mengatakan kalau BPD itu sudah mengucapkan ikrar sumpah janji dengan menyebut tuhan yang maha pencipta yang nantinya akan di pertanggung jawabkan baik di dunia maupun di akhirat kelak

“Tugas mulia yang diemban selaku Anggota BPD adalah amanah besar yang diberikan oleh warga negara di desa untuk diwakilkan aspirasinya sekaligus diperjuangkan demi terwujudnya kesejahtraan hidup, keadilan sosial yang berhikmat dalam permusyawaratan, “tutur Darson.

Darson juga mengatakan, kalau BPD itu merupakan salah satu badan yang kedudukannya setara dengan pemerintah desa.

“Olehnya itu tidaklah patut seorang Anggota BPD tunduk dan patuh pada kepentingan serta keinginan pihak atau golongan tertentu, diluar kepentingan umum warga desa, daerah, bangsa dan negara, “ungkap Darson.

Lanjut kata Darson, tugas dan fungsi serta kewenangan selaku pejabat pemerintahan tingkat desa, Anggota BPD wajib senantiasa berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku dan Pancasila sebagai dasar negara, mengutamakan dan mengedepankan musyawarah untuk mufakat demi kepentingan umum, menjaga kemitraan yang harmonis antar lembaga sekaligus merawat kehidupan demokrasi di desa.

“Mendahulukan kesejahteraan anggota, kepentingan pribadi dan golongan adalah sebuah penghianatan terhadap sumpah janji jabatan, kepentingan umum warga desa, daerah, bangsa dan negara.

“Oleh karena itu, melalui surat terbuka ini, selaku Anggota BPD, kami mengajak kepada segenap sejawat Anggota BPD di luwu timur, untuk senantiasa berdiri sejajar menyuarakan kepada Pemerintah Daerah kabupaten Luwu Timur akan ; pentingnya PENGUATAN LEMBAGA BPD, selaku Badan permusyawaratan dan Badan Pengawasan di Desa ” tandasnya.

Tak hanya itu, Darson juga menyampaikan betapa pentingnya untuk tiap Aggota BPD berhak mendapatkan pelatihan dan bimbingan tehnik serta penghargaan atas kinerja yang profesional secara menyeluruh tanpa perbedaan pada kedudukan unsur pimpinan dan unsur bidang dalam lembaga BPD. mengingat keputusan BPD sifatnya Quorum kolektif kolegial.

Darson juga menambahkan, Pentingnya keberadaan serta peran Anggota BPD dalam lingkup pemerintahan di Desa, turut serta menentukan arah pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa dalam wilayah pemerintahan kabupaten Luwu Timur.

“Pentingnya agar tiap anggota BPD senantiasa mendahulukan kewajiban sebelum hak serta, dan mengambil peran dalam pembangunan di setiap desa mulai dari perencanaan, pelaksanan hingga pelaporan,”tutup Darson Lasampa.

Lap Masding

JANGAN LEWATKAN