Jaringan Irigasi Ambruk Kadis PUPR Akan Melakukan Rapat Dengan Tim Direksi

Atas Post

LUTIM,SINYAL TAJAM. COM – Menyikapi laporan tentang adanya pembangunan peningkatan jaringan irigasi yang ambruk di Desa Tawakua Kecamatan Angkona, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Luwu Timur, Ir. Syahmuddin, ST terjun langsung untuk melakukan pengecekan di lokasi, Jumat (23/09).

Selain Kadis PUPR, turut hadir Kabid SDA, Inspektorat, Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Konsultan Pengawas, pelaksana kegiatan, Kades Tawakua, Ketua BPD Tawakua dan beberapa masyarakat turut hadir.

Di ketahui pembangunan jaringan irigasi tersebut bersumber dari Dana Alokasi Kusus (DAK) tahun anggaran 2022 dengan nilai kontrak Rp 2.943. 560.160 masa pelaksanaan 180 hari kalender yang di kelolah oleh CV. Pelita Inti Utama dan CV. Kairos Creative Design sebagai konsultan pengawas.

Ir. Syahmuddin selaku Kadis PUPR saat di konfirmasi mengatakan “bahwa ambruknya saluran irigasi tersebut di dominasi karena faktor alam (banjir) karena tampak di sekeliling terlihat tumpukan sampah dan bekas air serta di pengaruhi oleh kondisi tanah yang masih labil dan pasangan batu kualitasnya belum bagus betul karena masih baru sehingga membuat pasangan terlihat lebih tegak,”kata Syahmuddin

Lanjut kata dia, maka dari itu, untuk yang di perbaiki nantinya agar dibuat lebih miring dan saya sudah instruksikan kepihak pelaksananya karena itu masih tanggung jawab penuh dari pelaksana.

“Jadi setelah dari sini kita akan rapatkan dengan tim direksi bersama dengan tim pendamping dari Kejaksaan serta pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini,” tutup Syahmuddin.

Di tempat yang sama pelaksana kegiatan M. Toni mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab penuh atas kejadian ambruknya bangunan yang mereka kerjakan.

“Sebagai pelaksana kami siap untuk memperbaiki karena ini masih tanggung jawab kami dan memang disini kita lihat bahwa alam salah satu faktornya namun kami selalu berkoordinasi dengan pihak konsultan pengawas agar semua bisa di awasi dengan baik,”ujarnya.

Masih kata dia, selain itu saya melihat di gambar plat Decker ini cuman lebar 3 meter namun saya akan membuat menjadi 4 meter karena ini kepentingan masyarakat, tutupnya.

Sekedar infomasi jaringan yang ambruk tersebut sementara dalam perbaikan oleh pihak pelaksana.

Lap. Reporter Ismail

JANGAN LEWATKAN