banner 728x250

Desa PuncaK Indah Merupakan Desa Pertama Yang Melakukan Diklat Relawan Destana Di Kecamatan Malili

banner 120x600
banner 468x60

LUTIM,SINYAL TAJAM. COM – Pemerintah Desa Puncak Indah Kecamatan Malili melakukan kegiatan Diklatsar Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana) sejak tanggal 23 hingga 25 September 2022 yang bertempat di Kantor Desa Puncak Indah sebagai lokasi pemberian materi kepada para peserta diklat.

Dalam kegiatan tersebut ada empat jenis bencana yang dibahas kerena bencana tersebut berpotensi terjadi di Luwu Timur diantaranya Gempa Bumi, Banjir, Tanah Longsor dan Potensi tsunami.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pihak PT Vale, BPBD, BASARNAS, PMI, Camat Malili, Pemerintah Desa Puncak Indah, BPD, Pendamping Desa dan Masyarakat Puncak Indah.

Setelah memberikan materi di kantor desa, selanjutnya peserta diklat di bawah ke Pantai Jaya Desa Harapan guna menerima materi Out Dor dan simulasi selama dua hari sejak 24 hingga 25 September 2022.

Materi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan jika bencana tiba-tiba terjadi serta cara penanganannya termasuk simulasi pertolongan pertama pada korban kebakaran, korban patah tulang, korban yang pingsan dan penanganan anggota keluarga yang demam.

Bang Rauf selaku yang mewakili pihak PT Vale saat memberikan materinya mengatakan bahwa desa yang rawan bencana dari 9 Desa yang masuk dalam pemberdayaan PT. VALE ada 8 desa yang rawan Bencana yaitu Desa Puncak Indah, Desa Baruga, Desa Balantang, Kelurahan Malili, Desa Wewangriu, Desa Laskap, Desa Pongkeru dan Desa Pasi-pasi.

“Desa Harapan agak aman dari bencana saat ini untuk kecamatan Malili baru desa Puncak Indah yang melaksanakan kegiatan tanggap bencana,” tutup Rauf.

Sementara Muhammad Cakir selaku kepala desa Puncak Indah mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan dan pemateri yang bersedia mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua relawan yang berkenan mengikuti kegiatan diklat karena ini merupakan misi kemanusian dan saya juga berterima kasih kepada pihak pemateri baik dari PT Vale, Basarnas, dan PMI yang telah memberikan bimbingan kepada kita semua karena mengingat desa kita ini masuk dalam wilayah yang berpotensi terjadinya bencana maka dari itu kita membutuhkan pengetahuan yang lebih,” ujarnya.

Melalu kesempatan itu masyarakat Desa Puncak Indah berharap semoga kedepannya Pemerintah Desa Puncak Indah, BPD, PT.Vale dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bisa menentukan Lokasi titik kumpul dan memajang peta titik kumpul dikantor desa agar memudahkan masyarakat mengetahui lokasi titik kumpul serta memasang rambu-rambu menuju titik kumpul di setiap dusun bila terjadi bencana dan bisa segera mendatangi lokasi titik kumpul yang sudah di tentukan dari setiap dusun.

Lap..

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *