banner 728x250

Untuk Dapat Pupuk Bersubsidi 2023 Petani Wajib Tahu Informasi ini

banner 120x600
banner 468x60

LUTIM, SINYAL TAJAM. COM – Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tahun 2023 setiap petani di luwu timur wajib melakukan pendaftaran ulang/baru data e- RDKK.

Hal ini di sampaikan salah satu pegawai kantor BPP Malili, Untung, yang juga merupakan PPL di desa Tarabbi, Kecamatan Malili, Kabupaten Lutim saat di hubungi awak media ini melalui telpon selulernya setelah mendapatkan berbagai keluhan dari sebagian para petani di desa Tarabbi karena minimnya informasi tersebut, Sabtu, (1/10/2022).

Untung mengatakan kalau aturan tersebut sudah diatur dalam Permentan no 10 tahun 2022 tentang pupuk bersubsidi, yang di peruntukan hanya untuk 9 komoditas antara lain :tanaman Padi, Jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi dan kakao.

Selain itu, Untung juga mengatakan kalau informasi tersebut sudah lama di sampaikan ke masing – masing ketua kelompok tani, namun sampai sekarang tidak ada respon dari para ketua kelompok tani.

“Saya sudah lama kasih informasi ke ketua kelompok tani, bahkan saya sudah suruh kumpul anggotanya baru saya kasi penyuluhan tentang cara mendatakan dan menyusun RDKK tapi tidak ada respon “tulis Untung melalui WhatsApp pribadinya.

Demi untuk memudahkan para petani dalam melakukan pengurusan pendaftaran e-rdkk pupuk bersubsidi, terkhusus petani Tarabbi dan sekitar wilayah kerjanya, Untung mengatakan kalau para petani bisa melengkapi berkasnya dan langsung mengantarkan ke kantor BPP Malili.

“Yang penting di tahu dari kelompok mana ia bergabung,  bawa saja berkasnya ke kantor dan harus lengkap berkasnya, karena jangan sampai tidak lengkap dan di utamakan warga Lutim, di luar warga Lutim itu tidak bisa karena sekarang data sudah di konek langsung dengan Capil, “tuturnya.

Selain itu, berkas juga dapat di antar langsung ke Kantor Desa, Kasun, Kelompok Tani, Kios Pupuk Domisili dan PPL setempat.

Adapun batas pendaftaran yang telah di tentukan, terhitung mulai 1 September hingga 20 Oktober 2022 dan menjadi persyaratan yaitu :foto Copy KTP, foto Copi kartu keluarga/kk, foto Copy sppt maksimal luas lahan 2hk/ nik dan nomor hp.

“Batas waktu kumpul berkas sampai tanggal 10 Oktober 2022,”tutup Untung.

lap Masding.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *