Hadir di Festival Genre Fest, Budiman Menilai Pemuda Adalah Harapan Bangsa

Atas Post

LUTIM. SINYALTAJAM. com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kab. Luwu Timur bekerjasama Forum Genre (Generasi Berencana) Sulawesi Selatan dan Forum Genre Luwu Timur menggelar Genre Fest tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022.

Kegiatan yang bertemakan “Bergerak Bersama Menginspirasi Untuk Semua” dibuka langsung oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, dan dihadiri Ketua Komisi I DPRD Lutim, Hj. Harisah Suharjo, Kepala DP2KB Lutim, Hj. Puspawati Husler, Sekretaris DP2KB Lutim, I Dewa Putu Alit Swastika beserta jajarannya, perwakilan OPD, para Guru dan peserta Genre Fest Tahun 2022.

Mengawali sambutannya, Bupati Budiman mengungkapkan bahwa, membina remaja adalah investasi yang luar biasa penting. Kesempatan dan aksesibilitas generasi muda ke dalam berbagai kegiatan positif harus ditingkatkan.

“Kegiatan positif itu dapat berupa penyediaan sarana dan prasarana kegiatan kepemudaan, kegiatan-kegiatan pengembangan seni dan budaya dan kreativitas kaum muda,” tambah Bupati.

Budiman menilai bahwa, pemuda adalah harapan bangsa, maka membangun pemuda yang kokoh dan kuat beragam program dijalankan. Salah satunya adalah Genre Festival ini. Ajang ini menjadi kegiatan positif sebagai sarana pengembangan kreativitas kaum muda.

Program GenRe, sambungnya, menjadi wadah pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda, yang mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif), sehingga mampu menjadi remaja tangguh dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.

Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah saat ini yaitu pencegahan dan penurunan angka stunting melalui sosialisasi stop pernikahan dini. Kegiatan ini, dikemas dengan kegiatan apresiasi, edukasi, kolaborasi sehingga apa yang remaja lakukan mampu memberi semangat dan inspirasi minimal ke remaja lainnya.

“Upaya pencegahan stunting ini adalah bagian dalam menjaga kualitas generasi agar sehat dan produktif dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang,” tutup Bupati Luwu Timur.

Pada Genre Fest Tahun 2022, berbagai kegiatan dilakukan, diantaranya Pemilihan Duta Genre, Lomba Pentas Kreasi Seni Genre, dan Lomba Poster Genre. Sementara pesertanya yakni : Pemilihan Duta Genre diikuti oleh 10 orang putra dan 10 orang putri. Lomba Pentas Seni diikuti oleh 11 kelompok PIK Remaja tingkat SMP dan 11 kelompok PIK Remaja tingkat SMA, dan Lomba Poster Genre diikuti oleh 28 kelompok PIK Remaja. (*)

JANGAN LEWATKAN