banner 728x250

Paripurna, Bupati Luwu Timur Serahkan Propemperda Tahun Anggaran 2023 Ke DPRD

banner 120x600
banner 468x60

LUTIM. SINYALTAJAM. com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri rapat paripurna dengan DPRD, bertempat di ruang rapat DPRD Lutim, Senin (21/11/2022).

Kali ini,  rapat tersebut  beragendakan penyampaian program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun anggaran 2023.

Propemperda merupakan suatu Instrumen perencanaan program pembentukan peraturan daerah yang disusun secara terencana dan sistematis.

Selain itu Propemperda juga sebagai pedoman pengendali yang mengikat lembaga yang berwenang membentuk peraturan daerah yaitu pemerintah daerah bersama DPRD.

Untuk itu  Propemperda ini nantinya dijadikan sebagai landasan payung hukum dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan.

Rapat Paripurna tersebut di buka langsung oleh Ketua DPRD Lutim, Aripin, SAg.

Melalui rapat paripurna, Bupati Budiman menyerahkan empat buah Ranperda yang nantinya akan dibahas di DPRD. Ranperda tersebut di serahkan langsung ke Wakil Ketua l DPRD Kabupaten Luwu Timur, Muh.Siddiq, BM.

Ke empat Ranperda yang di serahkan diantaranya: Ranperda Pajak Dan Retribusi, Ranperda Tentang Perangkat Daerah, Ranperda Tentang Pemberantasan Narkoba dan Ranperda Penyesuaian Kecamatan Kalaena dan Angkona.

Lewat paripurna ini, Budiman mengatakan “Propemperda ini sangat penting karena menjadi alat tranformasi sosial dan demokrasi sebagai perwujudan daerah yang mampu menjawab perubahan yang cepat terhadap tantangan daerah dan globalisasi, “Ujar Budiman.

Bupati Budiman juga berharap, agar Ranperda nantinya bisa di bahas dengan baik sehingga bisa dijadikan produk hukum daerah yang tidak bertentangan dengan hukum yang lebih tinggi.

Penyusunan dan penetapan Propemperda itu dilakukan setiap tahun sebelum penetapan perda tentang APBD.

“Penyusunan Propemperda dilakukan atas perintah peraturan perundang -undangan lebih tinggi, rencana pembangunan daerah penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan dan aspirasi masyarakat “tutup Budiman.

Di ketahui rapat paripurna tersebut di hadiri sebagian anggota DPRD, para unsur TNI, Polri, PN Malili, Kemenag dan Kejaksaan. Lap Masding.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *