banner 728x250

Bawaslu Lutim dan Panwascam Gelar Rapat Dengan Perwakilan Parpol

banner 120x600
banner 468x60

LUTIM. SINYALTAJAM. com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Luwu Timur melakukan Rapat Kerja Teknis penyelenggaraan sengketa proses pemilu di Hotel I Lagaligo Malili, Sabtu (03/12).

Rapat tersebut, dibuka oleh koordinator divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Luwu Timur, Zaenal Arifin. Dan dihadiri oleh perwakilan ketua pengadilan Negeri Malili Satrio, kepala sekretariat Bawaslu, para ketua Panwascam se-kabupaten Luwu Timur dan para perwakilan dari Partai Politik.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam proses penyelesaian sengketa yang diajukan oleh peserta Pemilu atas penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, dan memberikan pemahaman kepada Partai Politik terkait mekanisme prosedur dan tata cara permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu mendatang.

“Salah satu metode penyelesaian sengketa yang ada mengatur tentang permohonan kemudian registrasi administrasi dan mediasi,”ujar Zaenal saat memberikan sambutannya.

Lanjut kata dia, “mediasi merupakan salah satu cara penyelesaian sengketa yang memiliki dasar hukum yang kuat sehingga apabila selesai di mediasi maka selesai jugalah sengketa sampai disitu dan tidak perlu lagi dilakukan sidang,”tambahnya.

Penyelesaian bentuk mediasi bentuknya suka rela dan penyelesaian oleh kedua belah pihak sementara itu pihak ketiga tidak ada hak untuk menentukan siapa yang benar siapa yang salah bahkan harus bersifat netral dalam melakukan mediasi.

“Jadi saya berharap untuk kita semua bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tak kalah pentingnya untuk perwakilan parpol agar menyampaikan ke masing- masing pimpinan,”tutupnya.

Di kesempatan yang sama Satrio yang merupakan perwakilan dari PN Malili selaku narasumber juga mengungkapkan hal yang sama terkait penyelesaian sengketa Pemilu.

“Mediasi adalah proses untuk menyelesaikan sengketa dengan bantuan pihak ketiga. Peranan pihak ketiga tersebut adalah dengan melibatkan diri membantu para pihak untuk mengidentifikasikan masalah – masalah yang disengketakan dan juga mampu mengembangkan sebuah proposal permohonan penyelesaian sengketa,”ungkapnya.

Lap Ismail

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *