Buka Sosialisasi Pencegahan Stunting, Staf Ahli Pembangunan Lutim Ingin Menciptakan Generasi Emas Tahun 2045

banner 120x600


LUTIM SINYALTAJAM.COM – Mewakili Bupati Luwu Timur Rapiuddin Tahir, Staf Ahli Pembangunan, bersama Hj. Sufriaty selaku Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lutim, dan Hj. Masrah Bahri Suli, Ketua IV Bidang TP PKK Lutim, membuka Sosialisasi Pencegahan Stunting untuk menciptakan generasi millenial yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Pokja IV TP PKK Lutim, Rabu (15/03/2023).

Pada kasempatan tersebut, Rapiuddin Tahir menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menyambut baik kegiatan ini karena erat kaitannya dengan pencegahan dan penanggulangan stunting sebagai langkah awal dalam menciptakan generasi emas tahun 2045.

“Oleh karena itu sangat penting dilakukan upaya pencegahan secara komprehensif mulai dengan pelayanan remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, ibu bersalin, bayi baru lahir dan balita dengan memberikan pelayanan sesuai standar,” katanya.

“Tidak kalah pentingnya, dalam program pencegahan stunting adalah persiapan bagi para remaja putri kita yang akan memasuki masa persiapan nikah dan hamil,” sambung Rapiuddin.

Berikutnya, Rapiuddin menyampaikan bahwa pemberian asupan Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisasi perempuan usia muda mengalami anemia. sebanyak 14.028 rematri di sekolah menjadi sasaran dalam program TTD ini. pada bulan Februari 2023 sebanyak 54.311 (96,8%) TTD telah diberikan kepada rematri di sekolah dan 49006 (87,4%) TTD telah dikonsumsi oleh rematri.

Senada hal tersebut, Hj. Sufriaty Budiman, Ketua TP PKK Lutim mengatakan bahwa penanganan pencegahan stunting bukan hanya menjadi tugas TP PKK dan Dinkes saja. Melainkan tugas seluruh stakeholder yang terkait diharapkan dapat membantu melakukan percepatan penurunan stunting.

“Sekali lagi saya tegaskan ini tugas kita bersama dalam upaya pencegahan dan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Luwu Timur,” pungkas Sufriaty.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Ketua Adhyaksa Dharmakarini beserta jajaran, Ketua Bhayangkari Lutim, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, para Narasumber; Guru Besar FKM Unhas, Prof. dr. Veni Hadju, Psikolog RSU Sawerigading Palopo, Masyur Said, para kepala OPD, TP PKK Lutim, jajaran TP PKK Kecamatan/Kecamatan/Desa se-Lutim.

Lap. Masding

Tinggalkan Balasan