Bupati Andi Kaswadi Razak Tekan Tombol Login Aplikasi Sionrang

APLIKASI SIONRANG. Bupati Soppeng A. Kaswadi Razak, melaunching program aplikasi Sionrang, Jumat (25/8/2023) di ruang pola kantor Bupati Soppeng.
banner 120x600

SOPPENG, SINYALTAJAM.COM – Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak melaunching sistem elektronik laporan Tepra Soppeng yang merupakan aksi perubahan dan sebagai salah satu program dalam pelatihan kepemimpinan administrator, Jumat (25/8/2023) di ruang pola kantor Bupati Soppeng.

Penekanan tombol login aplikasi Sionrang adalah terobosan inovasi yang merupakan hasil kerja bersama dari tim efektif yang dimotori oleh project leader Kabag administrasi dan pembangunan dengan mentor sekda Soppeng serta berkolaborasi beberapa organisasi perangkat daerah.

Dalam penjelasannya, Kabag administrasi & Pembangunan Setda Soppeng Andi Hasriadi menyebutkan, Sionrang merupakan penyelenggaraan sistem elektronik berbasis aplikasi untuk membantu, mempermudah dan mempercepat proses pengumpulan, pengolahan dan analisis data.

“Nantinya penyusunan laporan Tepra OPD dan Kabupaten Soppeng dapat lebih cepat serta memiliki data yang lebih akurat,” ungkap Andi Hasriadi.

Sambungnya bahwa aksi perubahan yang dilakukan bukan hanya tentang aplikasi, akan tetapi juga melakukan kesepahaman bersama dengan melakukan rekonsiliasi sumber data sebagai bahan dalam laporan Tepra OPD dan Kabupaten.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan koordinasi dan konsultasi dengan melakukan komunikasi secara aktif pada media elektronik yang menjadi suatu wadah apabila menemukan kendala atau informasi tentang realisasi anggaran maupun laporan Tepra.

“Sionrang memiliki filosofi makna bugis yang berarti saling menjaga dan saling membantu. Dalam hal ini berarti menjaga nama dan kinerja Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam monitoring realisasi atau penyerapan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat sehingga diharapkan sinergitas, komitmen dan kebersamaan antar OPD untuk menyelesaikan laporan tepra tepat waktu,” kata Andi Hasriadi.

Sementara, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mengatakan bahwa perubahan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari mengingat tuntutan publik yang semakin tinggi dibutuhkan adanya inovasi pada organisasi publik dengan tetap memperhatikan berbagai kebijakan.

“Hal ini dibutuhkan agar dapat mengimbangi dinamika eksternal dan perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat diluar organisasi,” Jelas Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

Bupati Soppeng menambahkan, aplikasi ini patut diapresiasi karena meskipun inovasinya berbasis IT, tapi nama aplikasinya tetap mengingat atau menggunakan kearifan lokal,” tutupnya.

Penulis: Yusufcinchonk

Tinggalkan Balasan