Budiman Buka Sosialisasi Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Tahun 2023

banner 120x600
banner 468x60

LUTIM. SINYALTAJAM. COM – Bupati Luwu Timur (Lutim), H Budiman bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Lutim, Arbiyanti Febthavia A. Leluasa, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Oksen Bija, membuka Sosialisasi Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (KISAK) Tahun 2023 di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan yang diselengarakan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lutim bekerjasama dengan Pokja I TP PKK Lutim tersebut, menghadirkan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulsel, Dr. H. M. Iqbal Suhaeb dan Ketua TP PKK Lutim. Hj. Sufriaty.

Pada kesempatan Tersebut, Bupati Budiman mengungkapkan bahwa Dinas Dukcapil Lutim dalam pelayananannya telah berupaya membantu masyarakat agar lebih mudah mendapatkan dokumen kependudukan dengan menciptakan inovasi.

“Inovasi seperti Bela Sungkawa Serah Akta Kematian (Bel Sakti), Bayi Lahir Dapat KK, KIA dan Akta Kelahiran dari Dukcapil (Balada Akta Capil), Rekam Langsung Jadi Kartu Identitas Anak (Religi Tuntas Anak Indonesia), Akta Perseraian, Kartu Keluarga dan KTP EL (Pelayanan 3 In 1) dan Dukcapil Masuk Desa,” rincinya.

Budiman mengatakan, data kependudukan merupakan komponen penting yang dapat digunakan untuk mendukung perencanaan pembangunan pelbagai sektor dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Hal tersebut juga secara tegas dinyatakan dalam visi Bupati Lutim Periode 2021/2026, yang pada misi ke empat “Menciptakan Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang lebih baik,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulsel, Dr. H. M. Iqbal S. Suhaeb mengatakan, Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ini merupakan program nasional dan termasuk dalam program nasional TP PKK Pusat.

“Saya mengapresiasi sosialisasi yang diselenggarakan ini.Mengingat betapa pentingnya administrasi kependudukan untuk menjadi program prioritas kita. Karena jika administrasi kependudukan tidak bagus maka generasi masa depan akan rugi tidak mendapat kesempatan untuk bersekolah,” katanya.

Oleh karena itu, Ia menyampaikan terimakasih kepada TP PKK Lutim dan Disdukcapil yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Dengan PKK Desa ataupun kelurahan nantinya akan melihat mana penduduknya yang belum memiliki identitas kependudukan yang lengkap, sehingga dampaknya mereka sangat sulit untuk memperoleh berbagai program bantuan atau fasilitas yang diberikan oleh pemerintah,” tutupnya.

Turut hadir, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD, para Camat se-Lutim, para Kepala Desa /Lurah dan Kasi Pemerintahan se-Lutim, para Ketua TP PKk Kecamatan se-Lutim. (hel/ikp)

Tinggalkan Balasan