PUPR Lutim Gelar Sosialisasi Penerima Bantuan Septic Tank di Desa Tarabbi

LUTIM. SINYALTAJAM. COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Timur, menyalurkan bantuan Septic Tank sekaligus memberikan sosialisasi bagi penerima bantuan di Desa Tarabbi Kecamatan Malili,  Kamis (20/06).

Agustinus ST., mengatakan jumlah desa yang mendapatkan bantuan Septic Tank di Luwu Timur sebanyak 14 desa yang bersumber dari anggaran APBD, dan sebanyak 8 desa mendapatkan bantuan septic tank bersumber dari dana Impres.

“Di tahun 2024 sekitar 400 rumah terlayani yang mendapatkan bantuan Tanki Septic yang bersumber dari APBD, dan sekitar 260 rumah bersumber dari dana Impres dan itu sesuai instruksi Presiden,”ujarnya.

“Untuk Desa Tarabbi sendiri anggaran yang masuk bersumber dari APBD dengan jumlah penerima 45 KK atau rumah terlayani,” tambah Agustinus.

Bantuan ini merupakan program dari pusat yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam rangka bersinergi untuk penurunan angka stunting.

“Sebab memang kita tahu di Negara kita angka stunting itu tinggi, sehingga ada target terkait dengan penurunan angka stunting melalui tanki septic individual,” tandasnya.

Menurutnya, stunting bukan hanya masalah gizi saja tetapi ada juga faktor eksternal yang diakibatkan air limbah rumah tangga.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kades Tarabbi bersama aparatnya, BPD, Kadus, RT, Linmas dan sejumlah masyarakat penerima bantuan.

Lap.Kisman