Banjir di Area Tambang PT Vale, Warga Sekitar Danau Mahalona Khawatir

Towuti, Sinyaltajam.com- Akibat hujan deras, banjir melanda area tambang PT Vale, tepatnya di Blok B Patea Desa Sorowako, Rabu sore pukul 16.30, (05/02/2020).

Banjir disertai lumpur terpantau deras mengalir hingga ke sungai kecil yang bermuara ke Danau Mahalona.

Akibatnya, warga di sekitar danau khawatir air danau menjadi keruh dan terjadi pendangkalan air danau, sehingga, dikhawatirkan air bersih Danau Mahalona, tidak dapat lagi dimanfaatkan untuk keperluan sumber air bersih, termasuk untuk kebutuhan pertanian masyarakat.

Menurut seorang sumber yang enggan namanya disebut, mengungkapkan bahwa, meski PT Vale memiliki sarana pond guna penampungan air, namun banjir kali ini sangat deras, sehingga air meluap dan terus mengalir membawa material lumpur ke Danau Mahalona

“PT Vale memang sudah menyiapkan sarana pond di area blok B Patea, namun banjir kali ini sungguh deras dan sangat mengkhawatirkan.” ungkap sumber kepada Sinyaltajam.com via telepon seluler.

Banjir terus melewati pond 1 dan meluapi pond 6 milik PT Vale, kemudian mengalir ke sungai kecil yang bermuara ke Danau Mahalona. Olehnya Danau Mahalona semakin dangkal dan keruh. Ujar sumber tersebut.

Sebelum ada aktifitas PT Vale di area Patea lanjutnya, Danau Mahalona merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar danau. Namun sejak aktifitas pertambangan berjalan, kondisi Danau Mahalona semakin memprihatinkan. Pungkasnya. (Mal)

JANGAN LEWATKAN