Desa Bahomakmur Dirikan Koperasi Bergerak Dibidang Lingkungan

Morowali, Sinyaltajam.com- Masyarakat Desa Bahomakmur bersama dengan Kepala Desa dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Morowali, hari ini menggelar rapat pembentukan koperasi. Rabu, (19/02/2020).

Dari hasil rapat bersama dengan masyarakat setempat, Pemerintah Desa dan Dinas Koperasi menyepakati nama Koperasi Transmigrasi Bahomakmur Jaya, sebagai koperasi yang berada di Desa Bahomakmur, Kec. Bahodopi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) Kabupaten Morowali, Drs.Yusman Mahbub, M.Si mengemukakan
Usaha Koperasi itu akan bergerak dibidang Lingkungan dengan memanfaatkan limbah yang akan memproduksi bahan bakar Kompos.

“Koperasi Transmigrasi Bahomakmur Jaya adalah koperasi yang bergerak di bidang lingkungan, dengan menghasilkan produk Kompos nantinya,” ucap Yusman kepada media ini.

Ia menjelaskan bahwa untuk mendirikan koperasi ada beberapa yang harus di penuhi, diantaranya anggota minimal 20 orang, ada pengurus di dalamnya ketua, sekretaris, bendahara ada dewan pengawas di dalamnya ada Ketua dan anggota sebanyak dua orang, punya kantor dan memiliki Akta Pendirian.

Lanjut, Drs.Yusman Mahbub, bahwa koperasi harus memiliki rekening tabungan minimal sebesar Rp15 juta, KTP anggota dan dinotariskan, selanjutkan terdaftar pada dinas Koperasi dan UMKM nantinya.

“Kami berharap hadirnya koperasi di Desa Bahomakmur, Kec. Bahodopi, dapat memberi manfaat kepada semua anggota koperasi dan masyarakat pada umumnya,” tandas Yusman Mahbud.

Selaku Dinas terkait, Yusman mengaku sudah banyak koperasi yang Ia hadiri pembentukannya, termasuk beberapa di Kec. Bumi Raya dan Kec. Witaponda. dibeberapa kecamatan lain, ada Koperasi yang mengelola bidang pertanian dan Nelayan, yang kesemuanya telah berjalan dengan baik.

“Maka dari itu, saya berharap hadirnya koperasi yang bergerak dalam bidang struktural Lingkungan pengelolaan limbah menjadi pupuk kompos nantinya dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Sementara itu, Kepala Desa Bahomakmur, Sunarti juga mengharapkan kepada pengurus koperasi nantinya harus benar-benar y
jujur dan adil serta terbuka dalam mengelola sumber keuangan.

Selain itu Sunarti juga menginginkan setiap keputusan dan kebijakan sebaiknya di lakukan secara musyawarah sebagai keputusan tertinggi dalam berkoperasi. (rhm)

JANGAN LEWATKAN