banner 728x90

Dua Rumah Warga di Desa Hoyane Terbakar, kapolres Luwu Utara Sampaikan Rasa Prihatin

LUTRA. SINYALTAJAM. COM – Kecelakaan besar melanda kawasan Dusun Pattahe, Desa Hoyane, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, pada dini hari Jumat, tanggal 12 April 2024.

Dua rumah menjadi korban dari peristiwa kebakaran yang mengerikan, milik lelaki SAINAL dan lelaki ANDARIAS. L, mengakibatkan,beban dan kerugian yang signifikan.

Kebakaran yang menghanguskan kedua rumah tersebut terjadi sekitar pukul 00.00 Wita. Pada saat kejadian, rumah milik lelaki SAINAL, yang ditinggalkan dalam keadaan kosong oleh keluarganya, menjadi sasaran pertama api yang misterius tersebut. Api dengan cepat merajalela, melahap segala sesuatu di sekitarnya dengan ganas.

Beruntung rumah tetangga, milik lelaki ANDARIAS. L, yang pada saat itu dihuni oleh keluarganya. Meskipun sempat terkejut dan panik saat melihat api merambat menuju dapur rumah mereka, lelaki ANDARIAS. L dan keluarga berhasil bertindak cepat dengan bantuan warga sekitar untuk memadamkan api sebelum menyebar lebih jauh. Meskipun demikian, bagian dapur rumah tersebut tidak dapat diselamatkan sepenuhnya, .

Berbagai upaya pemadaman dilakukan oleh warga setempat dengan menggunakan alat seadanya, mulai dari tangki penyemprot air hingga ember, namun api terlalu ganas untuk diredam dengan mudah. Sehingga kedua rumah mengalami kerusakan yang cukup parah, dan kerugian materiil yang dialami kedua keluarga tidak dapat diabaikan.

Lelaki SAINAL diperkirakan mengalami kerugian hingga mencapai angka Rp. 200.000.000, sementara lelaki ANDARIAS. L, tidak terlalu beruntung dengan kerugian yang diperkirakan sekitar Rp. 50.000.000. Angka-angka ini mencerminkan tidak hanya kerugian finansial, tetapi juga hilangnya kenangan, harta benda, dan stabilitas kehidupan keluarga yang terpapar dampaknya.

Hingga saat ini, penyebab  dari kebakaran  ini masih dilakukan penyelidikan. Meskipun demikian, dugaan sementara menunjukkan bahwa korsleting aliran listrik turbin menjadi penyebabnya.

Laporan dari saksi mata,  lelaki BRAM yang melihat api pertama kali menjalar, menjadi bahan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap kebenaran di balik tragedi ini.

Kapolres luwu utara,AKBP Muhammad Husni Ramli, mengatakan mendapatkan laporan tentang peristiwa kebakaran tersebut melalui pesan WhatsApp yang terjadi di Desa Hoyane, tepatnya di Dusun Pattahe. Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian besar bagi kedua keluarga yang rumahnya terkena dampaknya, yakni lelaki SAINAL dan lelaki ANDARIAS. L.

“Saya menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa tragis ini. Kebakaran bukan hanya merusak harta benda, tetapi juga meninggalkan dampak psikologis yang mendalam bagi para korban,”ujarnya.

“Kami dari kepolisian setempat berjanji untuk melakukan penyelidikan menyeluruh guna mengungkap penyebab pasti dari kebakaran ini. Dengan bantuan dari masyarakat serta dukungan dari berbagai pihak, kami berharap dapat menemukan jawaban yang tepat guna mencegah kejadian serupa terjadi di masa depan,”ungkapnya.

Peristiwa tragis ini mengingatkan kita akan pentingnya kesadaran akan bahaya kebakaran, serta perlunya tindakan pencegahan yang tepat. “Semoga kedua keluarga yang terkena dampak dari kejadian ini dapat pulih dan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat sekitar. Momen seperti ini menjadi panggilan untuk bersatu dan saling membantu dalam mengatasi cobaan yang datang,”tutur Kapolres Lutra. Lap Zakaria.