Malas Ngantor, Aris Situmorang Dinilai “Makan Gaji Buta”

Malili, Sinyaltajam.com- Hasil evaluasi yang dilakukan Badan Kehormatan DPRD Kab. Luwu Timur pada buku absensi di Kantor Dewan, didapati ada satu Anggota Dewan yang ternyata sudah 17 kali rapat, tidak pernah hadir, alias malas ngantor.

17 kali rapat akumulasi dari Rapat Paripurna, Rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan Rapat Komisi yang tidak dihadiri Aris Situmorang, sehingga Badan Kehormatan membuat bahan telaah kepada Ketua DPRD Kab. Lutim H. Amran Syam, yang kemudian dibuatlah Surat Teguran.

“Kami sudah memberikan surat teguran pertama, selanjutnya akan ditindak-lanjuti oleh Badan Kehormatan Dewan untuk melakukan pemanggilan terhadap yang bersangkutan,” tulis H. Amran Syam melalui pesan Whatsappnya kepada Sinyaltajam.com. Jum’at (21/02/2020).

Anggota DPRD Kab. Lutim Aris Situmorang yang berasal dari Partai Gerindra itu, tercatat sudah sejak bulan Januari dan kini memasuki akhir bulan Februari tidak sekalipun mengisi absensi di Kantor, dan ketidak-hadirannya itu juga tanpa alasan yang jelas. Sehingga menimbulkan anggapan yang buruk, yakni “makan gaji buta”.

“Tentu kalau tidak melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan, itu pasti makan gaji buta. Tapi biar dulu Badan Kehormatan bekerja, untuk memastikan apa yang terjadi kepada yang bersangkutan.” tegas Ketua Dewan.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kab. Lutim Ruly mengatakan sesuai tata tertib (tatib) Anggota Dewan, jika capai 3 bulan tidak hadir dan tanpa keterangan yang jelas, BK punya kewenangan untuk membuat rekomendasi pemecatan Anggota Dewan yang malas seperti itu, namun semuanya kembali ke Fraksi dan Partai yang bersangkutan.

“Sesuai tatib, jika ada anggota dewan yang terhormat selama 3 bulan berturut tidak hadir dan tanpa keterangan yang jelas, maka BK bisa membuat rekomendasi untuk diberi sangsi pemecatan.” ujar Ruly.

Dilain pihak, Aris Situmorang saat akan dikonfirmasi terkait alasan ketidak-hadirannya pada beberapa Rapat Paripurna, Rapat Bamus dan Rapat Komisi, melalui nomor selulernya (08219096xxxx) namun jawaban yang diperoleh nomor yang anda tuju, tidak dapat dihubungi.(Mal)

JANGAN LEWATKAN