Operasi Yustisi, Masyarakat Yang Tidak Menggunakan Masker Akan diTindak Tegas

Sinyaltajam.com, LUTIM-Mulai hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur serta aparat kepolisian dan TNI melaksanakan kegiatan operasi Yustisi atau penindakan bagi masyarakat yang sedang berpergian tanpa menggunakan masker.

Hal tersebut guna menciptakan pendisiplinan masyarakat agar taat aturan sekaligus memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

Dalam Operasi Yustisi ini, dilakukan secara gabungan yakni Satpol PP, Polsek Malili, dan TNI.

Operasi tersebut dilakukan diporos jalan provinsi depan warkop tanah abang desa puncak indah, kecamatan Malili, kab.Luwu timur, dan sasarannya seperti pengguna jalan yang melintas, dengan tidak menggunakan masker, maka  akan ditindaki secara tegas dengan push up.

Seperti yang dijelaskan Kapolsek Malili,AKP MATHIUS TOBAN SANDALINO, SH, sesuai petunjuk dari pimpinan, bahwa operasi ini dilakukan mulai Senin ini sampai Oktober nanti.

“Jadi operasi ini dilakukan untuk mencegah. penyebaran. covid-19,
masyarakat yang tidak menggunakan masker maka kami berikan tindakan saksi fisik semacam push up atau teguran lisan, biar kedepannya nanti kalau berpergian bisa menggunakan masker,” kata AKP MATHIUS TOBAN SANDALINO, SH.

Lanjut kata Kapolsek,. kegiatan
ini akan dilakukan secara berkelanjutan, dan sore nanti kami lakukan lagi operasi yustisi sampai benar-benar masyarakat sadar pentingnya menggunakan masker tersebut.

“Dan kami rencanakan lakukan operasi ini dua sampai tiga kali dalam sehari, bahkan bukan hanya dijalan raya saja, tetapi kami juga akan lakukan ditempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Kota Malili.

Ditanya soal denda Kapolsek menjelaskan “Untuk sementara ini belum ada denda atau tilang sementara menunggu aturan dari pemerintah daerah dan kemungkinan nanti akan ada semacam denda seperti daerah lain,”tutup AKP MATHIUS TOBAN SANDALINO, SH.

Sekedar diketahui bahwa kegiatan Yustisi ini dimulai Senin (14/09/2020) sampai Oktober dan dilakukan secara serentak di wilayah kabupaten Luwu Timur, guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

Ditempat yang sama camat Malili Nur Syaifullah Rahman juga mengatakan, “bahwa operasi Yustisi ini menindaklanjuti penerapan Perbub Bupati Luwu Timur No. 32 tersebut sekaligus mensosialisasikan Protokol Kesehatan dalam pencegahan penularan covid-19,”ujarnya.
Lap Tim.

JANGAN LEWATKAN