RSUD I Lagaligo Peringati Hari Ginjal Sedunia, Ketua TP PKK Lutim Beri Reward Dokter dan Pasien

Vale Idul Fitri

LUTIM,sinyaltajam.com  – Unit Hemodialisa atau lebih dikenal dengan ruang cuci darah RSUD I Lagaligo Kabupaten Luwu Timur memperingati Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day, Selasa (10/3/2020) di ruang pola kantor rumah sakit setempat.

Pada peringatan tersebut special dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj Puspawati Thoriq Husler, juga dihadiri Plt.Direktur RSUD  I Lagaligo, dr. Benny,M.Kes,  Kepala Unit Hermodialisa dr. Nasrum serta sejumlah dokter specialis dan jajaran rumah sakit.

Kepala unit Hermodialisa dr. Nasrum mengatakan, sejak unit cuci darah ini  dioperasikan mulai 2016 hingga kini melayani cukup banyak pasien di daerah ini.

Ketua TP-PKK Lutim,Ny.Puspawati Thoriq Husler saat memberikan bunga ke salah satu pasien yang sedang periksa darah di unit Hemodialisa RSUD I Lagaligo,Selasa (10/3)

“Diusianya yang menginjak tahun keempat ini, unit Hermodialisa RSUD terus menunjukkan profesionalitasnya dalam melayani pasien. Kami berharap akan lebih banyak orang yang terbantu dengan adanya alat cuci darah di rumah sakit ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pihak RSUD I Lagaligo juga memberikan Reward atau penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Lutim dr.Hj.Rosmini Pandin,MARS, Kepala BPJS Lutim serta 2 (Dua) orang dokter spesialis di RSUD I Lagaligo. Ke empatnya di nilai telah memberikan kontribusi dan perhatian yang cukup besar terhadap pasien yang sedang cuci darah.

Sementara Direktur RSUD I Lagaligo dr. Benny, mengakui bahwa progres laporan jumlah warga yang melakukan cuci darah selalu bertambah. Itu terjadi karena salahsatu penyebabnya adalah pola hidup masyarakat yang konsumtif alias kurang menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Mantan Kepala Puskesmas Malili ini juga menyebutkan, saat ini pihaknya hanya memiliki 4 unit alat cuci darah dibanding jumlah pasien yang mesti ditangani.

“Tapi kami optimis tahun 2020 ini berupaya melakukan penambahan 2 unit alat  cuci darah. Ini dimaksudkan dalam rangka optimalisasi pelayanan terhadap pasien,” jelasnya.

Menariknya, pada kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Luwu Timur, Hj Puspawati Thoriq Husler menyatakan sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak rumah sakit kebanggaan warga Lutim ini.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak RSUD I Lagaligo yang terus meningkatkan sistim pelayanan terutama pasien cuci darah,” terang ibu Bupati.

Selain itu, Ketua TP-PKK juga menyerahkan bingkisan dan bunga terhadap puluhan pasien cuci darah yang berada di ruang perawatan unit hermodialis

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar dapat rutin memeriksakan kondisi kesehatannya di Puskesmas maupun rumah sakit. Apalagi, penyebab terjadinya gagal ginjal lebih didominasi beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes dan batu ginjal.

“Dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, maka yakin dan percayalah tubuh kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Termasuk terhindar dari penyakit gagal ginjal penyebab utama cuci darah,” pungkasnya.

(tim)

JANGAN LEWATKAN