Diskominfo-SP Luwu Utara Dukung Pembentukan Forum Kemitraan Landskap KELOLA

LUTRA. SINYALTAJAM. COM – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara sangat mendukung pembentukan Forum KELOLA atau Forum Kolaborasi Pengembangan dan Pengelolaan Landskap Sehat yang diinisiasi oleh Rainforest Alliance (RA).

Dukungan ini disampaikan Kepala Diskominfo-SP, Nursalim Ramli, dalam sebuah pertemuan yang membahas tentang Komitmen Kemitraan Landskap Luwu Utara, Visi, serta Inisiasi Forum KELOLA, Kamis (10/10/2024), di Ruang Command Center (CC) Kantor Bupati Kabupaten Luwu Utara.

“Kami, pada prinsipnya sangat mengapresiasi dan mendukung pembentukan Forum KELOLA ini, termasuk visi yang akan kita rumuskan nanti. Nah, setelah forum terbentuk, maka menyusul nanti regulasinya. Apakah nanti dalam bentuk SK Bupati, ataukah Peraturan Bupati,” ucap Nursalim.

Nursalim berharap, Forum KELOLA yang dibentuk ini bisa bekerja optimal dan berfungsi sesuai harapan semua pihak terkait. “Mewakili pemerintah daerah, kami mengapresiasi apa yang kita lakukan hari ini, dan berharap agenda yang ditetapkan bersama bisa berjalan baik,” harapnya.

Terkait pembahasan soal visi yang akan menyatukan semua pihak dalam upaya pengembangan dan pengelolaan landskap sehat di Kabupaten Luwu Utara, bisa segera dirumuskan sebelum kedatangan Direktur Landskap Dunia ke Luwu Utara pada 26 November 2024 mendatang.

“Persoalan visi, saya kira sudah bagus. Karena kalau kita bicara tentang alam dan sejahtera, saya kira tidak ada satu pun orang yang akan berbeda pandangan soal itu. Semua kita ini bertanggung jawab untuk melestarikan alam, sekaligus membuat masyarakat sejahtera,” jelas Nursalim.

Sekadar diketahui, pembentukan Forum KELOLA ini sebagai upaya untuk memperkuat kemitraan landskap berkelanjutan di Kabupaten Luwu Utara. Di mana, Luwu Utara satu-satunya daerah di Indonesia yang menjadi pilot percontohan landskap sehat mewakili wilayah Asia Pasific. (Zkr)