banner 728x90
BONE  

Jalan Di Kawasan Pasar Sentral Bone Puluhan Tahun Hancur, LSM Laskar Desak Pemda Bone Segera Lakukan Perbaikan

BONE, SINYALTAJAM.com – Kondisi jalan menuju pasar Sentral Bone yang berada di Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone Sulsel rusak parah, Minggu (10/3/2024) pagi.

Hampir seluruh ruas jalan menuju pasar terbesar di Bumi Arung Palakka ini hancur, dengan kondisi jalan yang berlubang dan berkubang lumpur sehingga sulit dilalui kendaraan beroda empat maupun roda dua.

“Sudah puluhan tahu jalanan di pasar sentral Palakka rusak berat dan tidak pernah diperbaiki oleh Pemda Bone. Terus terang warga sangat mengeluhkan kondisinya ini tapi pihak terkait hanya terkesan cuek,” ujar Ramli salah seorang pengunjung pasar yang di temui pasar Sentral.

Menurut Ramli, seharusnya Pemda Kabupaten Bone mempriotaskan pembangunan jalan disemua jalur menuju pasar sentral karena tempat ini merupakan pundi-pundi ekonomi yang bisa menopang Penghasilan Asli Daerah (PAD) Bone.

Selain jalan rusak, pasar yang dibangun dierah kepemimpinan mantan bupati Bone, H.A. Idris Galigo, sekitar 20 tahun lalu ini juga terkesan sembraut dan tidak tertata rapi. Banyak pedagang kaki lima yang menjadikan bahu jalan sebagai tempat berjualan, sehingga jalan menjadi menyempit dan rawan macet.

Bahkan di pasar ini tidak disediakan fasilitas tempat parkir, sehingga pengunjung pasar terpaksa memarkir kendaraanya di pinggir jalan sehingga memicu kemacetan parah khususnya pada hari libur atau menjelang hari raya lebaran.

Ketua Lembaga Anti Korupsi Amanah Rakyat (LSM. Laskar) Andi Abd. Kadir, SH mendesak Pemda Bone khususnya Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Bone untuk segera membenahi kerusakan jalan di kompleks pasar sentral Bone.

Pasalnya, kerusakan jalan sudah berlangsung cukup lama dan sangat dikeluhkan oleh warga namun tak kunjung direspon oleh pihak terkait.

“Saya mewakili warga mendesak Pemda Bone untuk memprioritasnya penganggaran perbaikan jalan di kawasan pasar sentral Bone. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa dibenahi,” harap Andi Kadir.

Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Bone, H.Askar ketika diminta tanggapannya melalui pesan Whatsapp mengatakan, bahwa tahun ini dinas BMCKTR Bone belum menganggarkan perbaikan jalan untuk kawasan pasar sentral Bone.

“Untuk saat sekarang belum ada anggarannya”, jawab, H.Askar dalam pesan WhatsApp.

Lap. Cal