banner 728x90

Kader Kesehatan Desa Puncak Indah Gencar Melaksanakan Posyandu

LUTIM. SINYALTAJAM. COM – Kader Posyandu Asoka Desa Puncak Indah bekerjasama dengan tim Puskesmas Malili melaksanakan kegiatan rutin bulanan untuk memberikan pelayanan kesehatan anak, imunisasi, serta penyuluhan tentang kesehatan. Rabu (21/03/24).

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak.

Seperti yang di sampaikan Bidan Desa, Kiki Angraini bahwa manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan dan penyuluhan tentang kesehatan.Dan beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain :

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu, dan kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.

Menurutnya, dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik juga. Selain itu, untuk mencegah bayi dari stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Luwu, Tuturnya.

Imunisasi Tenaga medis dari Puskesmas Malili selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin dan berkala serta tercatat di buku KMS.Macam-macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah, BCG untuk mencegah penyakit TBC. DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus. Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

“Jadi untuk peningkatan Gizi dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita,”katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. Juga dari desa dianggarkan untuk diberikan makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas Malili pada setiap bulannya.

“Dengan harapan Semoga kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di Desa Puncak Indah. Sehingga akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan sehat,”tutup Kiki Angraini.

Lap.Kisman.