banner 728x90

Lomba Desa Sehat Bebas Jentik Akan Di Fokuskan Di Dusun Mallaulu Indah Desa Puncak Indah

LUTIM. SINYALTAJAM. COM -Lomba Desa sehat bebas jentik ini akan di laksanakan mulai hari Rabu, tanggal 6 Maret tahun 2024 sampai selesai, dan di fokuskan di Dusun Mallaulu Indah, Desa Puncak Indah Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur.

Pelaksanaan Desa sehat bebas jentik merupakan salah satu program gerakan oleh pemerintah untuk membuat warga atau masyarakat Desa/kelurahan untuk lebih aktif dan sadar akan kebersihan lingkungan yang bebas jentik.Rabu, (06/03/24).

Menurut Bidan Desa Kiki Andriyani bahwa, hal ini dilakukan untuk peningkatan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan dan menyadarkan sekaligus mendorong, agar menjaga lingkungannya selalu bersih dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar masyarakat terhindar dari serangan nyamuk penyebab penyakit DB.

” Tujuan Lomba ini adalah memantau kebersihan lingkungan, juga memutus rantai perkembangbiakan nyamuk, khususnya nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus Dengue penyebab demam berdarah,, mengingat musim hujan sudah mulai turun pada bulan September ini sehingga peningkatan peran serta pemerintah maupun masyarakat menjadi penting dalam upaya penekanan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Lingkungan Desa Puncak Indah,”ucapnya.

Kemudian yang akan menjadi juri dalam lomba tersebut, yaitu terdiri dari Dinas Kesehatan Luwu Timur, Puskesmas Malili, Pihak PT Vale Indonesia. Adapun kriteria penilaian juri dalam pelaksanaan lomba ini yaitu terdiri dari 3M Plus:

Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat  penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan    nyamuk yang menularkan demam berdarah.Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti :

Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk,Menanam tanaman pengusir nyamuk, dan mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, kemudian menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.tutupnya.

Lap.Kisman.