banner 728x90

Pemda Lutra Siap Sukseskan Pelaksanaan Operasi Ketupat Jelang Idul fitri

LUTIM. SINYALTAJAM. COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Operasi Ketupat yang akan dilaksanakan di bulan Ramadan ini.

Pernyataan kesiapan ini disampaikan oleh Wakil Bupati Suaib Mansur dalam Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat untuk Pengamanan Idul fitri, Rabu (27/3/2024), di Aula Polres Lutra.

“Insya Allah, kami dari Pemda Lutra tentunya siap mendukung pelaksanaan program pengamanan idulfitri tahun ini, termasuk juga saat arus mudik nantinya,” ucap Wakil Bupati Suaib Mansur.

Suaib optimistis pelaksanaan operasi ketupat dalam rangka pengamanan Idul fitri dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana. “Suasana kondusif yang tercipta ini menunjukkan bahwa kita semua telah menjalin kerja sama demi terciptanya keamanan di Luwu Utara,” ucapnya.

Untuk itu, mantan Kadis PUPR ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menciptakan suasana yang kondusif di Luwu Utara.

Pada kesempatan itu, Suaib juga berharap agar perangkat daerah yang terkait langsung dengan pelaksanaan operasi ketupat, seperti Dinas Kesehatan, BPBD, Satpol-PP, dan Dinas Perhubungan, untuk dapat memperkuat pelaksanaan operasi ketupat oleh Polres Lutra.

“Kita akan memperkuat pelaksanaan operasi ketupat ini. Untuk itu, semua perangkat daerah terkait agar mempersiapkan keaktifannya guna menjamin kelancaran operasi ketupat, serta operasi ketertiban dan keamanan lainnya,” ucapnya mengingatkan.

Sementara itu, Kapolres Luwu Utara, AKBP Muhammad Husni Ramli, menyebutkan bahwa rapat koordinasi lintas sektoral operasi ketupat ini bukan hal baru. Melainkan telah rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan suci Ramadan atau menjelang IdulFitri

“Rapat lintas sektoral pengamanan Idulfitri ini bukan hal baru, tetapi hal rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan berbagai macam perkembangan situasi dan kondisi wilayah, sehingga tiap tahun dilaksanakan rapat seperti ini,” tutur Muhammad Husni.

Husni menyebutkan, ada tiga pos pengamanan IdulFitri selama operasi ketupat berlangsung “Di Luwu Utara sendiri, seperti biasa ada tiga pos pengamanan yang kita dirikan. Titiknya tetap, tidak berubah, yakni Sabbang, Masamba dan Bone bone,” terangnya.

Ia juga berharap, semua personil yang terlibat dalam operasi ketupat ini dapat membangun sinergi dan kerja sama yang baik. “Harapan kami untuk rekan-rekan TNI dan instansi terkait, semoga bisa terkoneksi dengan pembagian tugas kami di Polres, sehingga kita tidak sia-sia menempatkan personil,” harapnya.

“Memang perlu ada koordinasi yang baik antara masing-masing lintas sektoral, sehingga masyarakat betul-betul dapat merasakan kehadiran kita semua,” pungkasnya. Ikut hadir dalam rakor ini Perangkat Daerah terkait, Telkom, PLN, Danramil, dan para Kapolsek. (Zkr/Lh)