banner 728x90

Pemdes Puncak Indah Gotong Royong Untuk Mengantisipasi Penyebaran Penyakit DBD

LUTIM.  SINYALTAJAM.  COM – Pemerintah Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran dan sampah plastik di sepanjang jalan yang rawan menjadi tempat jentik jentik nyamuk berkembang biak.

Kegiatan gotong royong tersebut,guna untuk mengantisipasi penyebaran dan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Sabtu, 02 Maret 2024 bertempat di sepanjang jalan Dusun Mallaulu Indah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perangkat Desa, Staf Desa, Ketua PKK, Anggota BPD, Kepala Dusun, Ketua RT, Kader, Bidan Desa, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Kepala Desa Puncak Indah Muhammad Cakir, berharap agar masyarakat lebih peduli dan ikut berperan aktif membersihkan lingkungan sekitar rumah, memastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk dilingkungan masing-masing dan selalu melaksanakan PHBS (Pola Hidup Bersih Dan Sehat).

Menurutnya selain untuk membersihkan lingkungan sekitar, kegiatan ini juga adalah suatu bentuk edukasi Pemerintah Desa kepada masyarakat sekitar agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar.

“Lingkungan dengan kondisi bersih yang bebas dari timbunan sampah juga akan terhindar dari bencana, seperti banjir dan penyebab penyakit DBD pada musim penghujan,”ucapnya , Rabu 6/3/2024.

Kemudian dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan gerakan 4M, meliputi: Menguras tempat-tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak kamar mandi, ember air, lemari es, tempat minum hewan peliharaan, selokan, kaleng bekas, dan lain sebagainya. Menutup penyimpanan air rapat-rapat seperti ember, Penampungan Air Hujan (PAH) dan lain-lain. Mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tepat genangan air seperti botol, kaleng, dan lain-lain.
Memberikan bubuk abate pada tempat penampungan air seperti kamar mandi, kolam, dan lain-lain.

“Jadi selama ini,Pemerintah Desa Puncak Indah bersama dengan jajarannya rutin melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan, dan menghimbau kepada masyarakat agar rutin melakukan gerakan 4M demi kenyamanan bersama dan terhindar dari penyakit DBD.”
Tutupnya.

Lap.Kisman.