banner 728x90

Peringati HBS, Camat Malili Ajak Masyarakat Peduli dan Jaga Lingkungan

LUTIM, SINYALTAJAM.com — Dalam rangka Hari Bumi Sedunia pada 22 April 2024, pemerintah Kecamatan Malili menggelar gerakan menanam pohon di pinggir sungai depan SPBU Dusun Balambano Desa Puncak Indah Malili, pada hari Senin (22/04/2024).

“Hal ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Bumi sedunia serentak se-Sulawesi Selatan di 24 Kabupaten/Kota, dan melalui perintah dari Pemerintah Kabupaten, seluruh 11 Kecamatan di Kabupaten Luwu Timur diminta untuk melakukan hal yang sama, yaitu seremonial penanaman pohon. Khusus di Kecamatan Malili, kita fokuskan pada pinggir sungai Malili, tepatnya depan SPBU Puncak Indah yang panjangnya sekitar kurang lebih 300 meter,” kata Camat Malili.

Dalam kegiatan itu, Pemerintah Kecamatan Malili beserta aparat, seluruh Kepala Desa dan aparat juga BPD, menanam bunga sebanyak 100 pohon.

“Alhamdulillah, hari ini kita menanam bunga sebanyak 100 pohon. Tempatnya disini nanti adalah taman, dan pada hari ini kita berkolaborasi antara pemerintah Kecamatan, Kades, aparat, BPD, Staf se-Kecamatan Malili, juga ada dari Kapolsek Malili, utusan dari SPBU, dan masyarakat. Peserta yang hadir sekitar 50 orang,” ujarnya.

Kita berkolaborasi dalam rangka perayaan Hari Bumi sedunia dengan tagline “Rawat dan pulihkan bumi tempat kita hidup bersama,”

Camat Malili Nasir juga menegaskan bahwa dengan adanya Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April setiap tahunnya, “Dengan harapan kita mengajak kepada masyarakat kita semua untuk peduli dan tetap menjaga lingkungan, sehingga lingkungan akan memberikan harapan hidup yang lebih jauh ke depan secara substansial,”

Nasir juga menambahkan bahwa penempatan penanaman pohon bunga dan pohon lainnya di depan SPBU dan pinggir sungai Malili selain menjadi taman juga akan lebih memelihara pencemaran air sungai Malili.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita bisa melihat dengan jelas kondisi air sungai Malili saat ini cukup memperihatinkan, dan saya mengajak kepada Pemerintah Kecamatan Malili dan seluruh Kepala Desa dan jajarannya, khususnya seluruh masyarakat, agar tetap menjaga kelestarian sungai Malili,” Ajak Nasir.

Terakhir, Camat Malili mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kades dan aparatnya, BPD, dan pihak Kapolsek Malili serta seluruh masyarakat atas partisipasinya dalam kegiatan tersebut.

“Insya Allah, semoga bisa menjadi amal jariah buat kita semua,” tutupnya.