banner 728x90

Arus Mudik Idul Fitri, Polres Luwu Timur Siapkan 5 Pos Pengamanan Termasuk Layanan Kesehatan Gratis

LUTIM. SINYALTAJAM. COM – Jelang hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kasat lantas Polres Luwu Timur sudah mempersiapkan titik pos pengamanan arus mudik.

Kegiatan ini di awali dengan Gelar Apel Operasi Ketupat 2024 yang dipimpin langsung Kapolres Luwu Timur, dihadiri oleh Bupati Lutim, sejumlah OPD, Forkompinda, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Dandim 1403 (Diwakili Pabung), Ketua Pengadilan Negeri Lutim.

Kasat Lantas Polres Lutim AKP Muh.Ali mengatakan Ops Ketupat tersebut dalam rangka pengaman Idul Fitri sebelum dan sesudahnya.

“Tentu sebelum pelaksanaan Idul fitri itu kan arus mudik otomatis meningkat, apalagi tahun ini sesuai dengan perkiraan dari pusat itu arus mudik sekitar 56 persen dibanding tahun lalu,”
Ujarnya saat di temui media di ruang kerjanya.

Ali kembali menjelaskan, Khusus untuk Polres Luwu Timur, ini sudah disiapkan 5 Pos, 2 Pos pelayanan, yang bertempat di Malili dan Tarengge, 2 Pos pengamanan tempatnya di Burau dan Mangkutana dan 1 Pos Terpadu ditempatkan di Nuha tepatnya di penyebrangan.

Kemudian setiap pos nantinya akan ditempatkan beberapa personil gabungan,baik dari Personil Lantas,Shabara,TNI,Satpol,Dishub,BPBD, juga ada dari Dinkes.

“Jadi itu semua kita tempatkan disitu dalam pelaksanaan suatu kegiatan pelayanan maupun pengamanan baik itu pada saat arus mudik,Hari Raya Idul Fitri maupun arus balik nantinya,” kata Muh.Ali.

Hal ini tentu tujuan utama kita, memberikan pengamanan dan pelayanan, pengamanan dalam kamtibmas,dan pelayanan dalam hal kamseltibcarlantas.

“Kalau memang toh saat berkendara terasa ngantuk capek dan lelah bisa singgah di Pos karena kami memang menyediakan tempat istirahat atau setidaknya kalau belum sampai di pos bisa menepi di tempat yang aman lalu beristirahat di situ,”himbau dia.

Selain tempat istirahat kami juga siapkan layanan informasi, seumpama ada yang bertanya suatu jalan atau jarak tempuh. Ya kami juga bisa memberikan informasi terkait itu.

“Disamping itu di pos juga disediakan pelayanan kesehatan,kalau ada yang butuhkan kami siapkan pelayanan kesehatan gratis bagi pengendara termasuk tes urine bagi sopir sopir sebelum berangkat dan kelayakan kendaraan itu akan kami lakukan pemeriksaan dan tujuannya demi keselamatan saat berkendara,”tutup Kasat Lantas Muh. Ali ke Media ini. Lap Tim ST.