banner 728x90

Ciptakan Lingkungan Sehat Bebas Jentik Nyamuk, PKM Bekerjasama Dinas Kesehatan Laksanakan Lomba Desa

LUTIM, SINYALTAJAM.com – Pemeriksaan Jentik nyamuk dari PKM Malili bersama Dinas Kesehatan dan PT.Vale melakukan kunjungan ke desa dalam rangka lomba Desa Sehat Bebas Jentik Nyamuk.

“Dalam hal ini kami terbagi beberapa tim dan berbagi tugas turun ke desa untuk memeriksa setiap pekarangan rumah warga untuk memastikan  bebas dari jentik nyamuk ataukah tidak,” kata Akmal ke media ini, Kamis 07/03/24.

“Untuk hari ini tim kami turun ke dusun Toddo puli desa Balantang memeriksa karena dalam lomba ini kita hanya mengambil sampel di wilayah  setiap dusun di  desa Balantang,” sambungnya.

Kemudian dia juga menjelaskan bahwa mengingat sekarang ini  musim hujan, biasanya mulai banyak lagi jentik nyamuk bersarang , apalagi penyakit demam berdarah saat ini merajalela.

Selain melakukan pemeriksaan jentik, Tim dari Puskesmas Malili juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, halaman rumahnya.

“Kita sama-sama jaga kesehatan kita dan keluarga, kalau perlu kita lakukan penyemprotan setiap minggu di sekeliling rumah, bersihkan setiap tempat tempat bekas seperti kaleng bekas dan sejenisnya yang bisa di tempati nyamuk buat sarang jentik,” imbuhnya.

“Adapun tujuan dari kegiatan lomba Desa Sehat ini adalah menciptakan masyarakat dan lingkungan yang sehat bebas dari segala penyakit terutama DBD,” Ujarnya.

Lap. Hr