banner 728x90

RSUD l Lagaligo Wotu Sosialisasi Penanganan Alat Medis

LUTIM. SINYALTAJAM. COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I Lagaligo mengelar kegiatan Sosialisasi Penanganan Alat Medis Single Use Re-Use pada CSSD, Jumat (08/03/2024) di Aula Besar Lt. 2.

Sosialisasi itu dibuka secara langsung oleh Kabid. Penelitian dan Pengembangan SDM : Apt. Hajar Nur, S.Si, M.Kes, didampingi kepala seksi pengembangan SDM, Kepala Unit CSSD dan seluruh Staff CSSD.

Hajar Nur dalam kesempatan itu meminta peserta agar mengikuti kegiatan sosialisasi dengan serius dan mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh melalui sosialisasi itu dalam upaya peningkatan kinerja di masa mendatang.

Dikatakan, sosialisasi itu sangat penting agar peserta yang merupakan pegawai CSSD dapat memahami secara mendalam tentang sterilisasi alat di unit kerja-nya.

“Betul, sosialisasi itu sangat penting agar peserta yang merupakan pegawai CSSD RS dapat meng-update ilmu terbaru dan memahami secara mendalam tentang sterilisasi alat re-use sebagaimana pelatihan yang telah di ikuti oleh Kepala Unit CSSD beberapa pekan yang lalu,” ucapnya.

CSSD (Central Sterile Supply Departement) yaitu instalasi yang melayani pelayanan sterilisasi dengan fasilitas untuk menerima, men desinfeksi, membersihkan, mengemas, mensterilkan, menyimpan dan mendistribusikan alat-alat (baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat yang sekali pakai), sesuai dengan standar prosedur.

Jika CSSD tidak ada, maka ada kemungkinan peningkatan terjadinya infeksi nosokomial yang akan menyebabkan peningkatan angka kematian dan peningkatan lama waktu rawat inap pasien.

CSSD di satu rumah sakit mencerminkan satu layanan berkualitas yang terstandar telah membuka mata akan pentingnya CSSD. Hal tersebut di sampaikan Floratman, S.Si, Kepala Instalasi CSSD saat membawakan materi sosialisasi.

(𝒀𝒉𝒔-𝑺𝒉𝒚/red)