banner 728x90
Toraja  

Meski Belum Miliki Ambulans, Geliat Lembang Ulusalu Terus Berbenah

Kepala Lembang Ulusalu, Hendra, S.Pd.

*Hendra Siap Melayani Masyarakat Kapan Saja

TORUT, SINYALTAJAM.COM – Lembang Ulusalu Sa’dan merupakan salah satu Lembang yang berada di Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Selatan yang terletak sekitar 30 Km dari ibukota Rantepao Toraja Utara.

Dibawah kepemimpinan Hendra, S.Pd Lembang Ulusalu Kecamatan Sa’dan sejak dilantik, berbagai infrastruktur terus dioptimalkan sehingga perwajahan Lembang semakin mengalami perubahan.

Perlahan tapi pasti, Lembang Ulusalu mulai berbenah dengan geliat membangun sarana dan prasarana. Mulai dari jalan lingkungan, layanan kepada masyarakat, usaha desa melalui Bumdes dan pembangunan jalan melibatkan warga.

Memasuki tahun 2024 sejumlah program Kepala Lembang Ulusalu seperti, pengadaan traktor sawah 5 unit, pembangunan air bersih, menghadirkan tower jaringan telepon seluler, hortikultura dan pupuk kandang.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan terdapat 3 posyandu yang melayani masyarakat setiap bulan serta 2 unit Puskesdes. Masyarakat diharapkan memanfaatkan pos layanan kesehatan tersebut untuk memeriksa kesehatan termasuk seperti lansia.

“Kami siap melayani masyarakat dimanapun berada dan pintu rumah selalu terbuka untuk membantu warga Ulusalu,” ungkap Hendra, Selasa (5/3/2024).

Terkait jumlah penerima BLT di Lembang Ulusalu yang tersebar di Delapan Dusun mencapai 45 Kepala Keluarga yang masuk kategori rentan kemiskinan extrim dan berhak mendapat bantuan.

Hanya saja, dia mengaku mengalami kendala karena sulitnya transportasi akses sarana armada kesehatan seperti mobil Ambulance. Bayangkan, jarak yang mesti ditempuh untuk ke Puskesmas mencapai 17 km. Dengan jarak cukup jauh itu, terkadang masyarakat yang sakit harus menumpang mobil truk menuju Puskesmas.

“Ya kami terpaksa menggunakan mobil truk untuk membawa warga kami yang sakit. Terus terang saya prihatin melihat kondisi ini karena warga yang sakit terpaksa dibaringkan di bak mobil truk dan harus menempuh jarak hingga puluhan kilometer menuju pusat layanan kesehatan,” bebernya.

Untuk itu, dia sangat berharap perhatian dan kepedulian pemerintah kabupaten agar dapat memberikan membantu berupa satu unit armada ambulans.

Kepala Lembang Ulusalu juga mengatakan, pihaknya terus berupaya memainkan perannya sebagai motivator, fasilitator, penggerak pembangunan yang didukung lembaga serta kepedulian masyarakatnya. “Perlahan tapi pasti berbagai pembangunan infrastruktur telah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, kebersamaan menjadi penyemangat baginya untuk terus bekerja dan berusaha menjabarkan program pembangunan demi kemajuan Lembang dan pelayanan kepada masyarakat.

Hendra juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua perangkat Lembang atas dedikasi dan kerja kerasnya melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta pelayanan kepada masyarakat sehingga pemerintahan dapat berjalan baik.

“Seberat apapun pekerjaan yang kita hadapi, jika dilakukan secara bersama, semua akan terasa mudah. Sebab pemimpin tidak mampu membangun jika tidak dibantu perangkat dan masyarakat,” ucapnya.

Dia berharap, infrastuktur yang sudah bangun dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Karena dana Lembang yang dikucurkan pemerintah bertujuan meningkatkan derajat ekonomi masyarakat. (*)

Laporan: Eli Malino