banner 728x90

Satresnarkoba Polres Luwu Utara Gelar Seminar di SMA Negri 5 lutra

LUTRA. SINYALTAJAM. COM – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Luwu Utara Polda Sulsel menggelar kegiatan Seminar Bahaya Narkotika dengan tema “Meningkatkan Kesadaran Kaum Siswa-siswi Terhadap Bahaya Narkoba” di SMA Negeri 5 Luwu Utara pada Sabtu, 23 Maret 2024, pukul 08.00 WITA.

Seminar tersebut diinisiasi sebagai langkah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika di kalangan pelajar, khususnya tingkat SMA, SMK, dan MA di Kelurahan Marobo, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara.

Dalam pembukaan acara, Kapolres Luwu Utara AKBP M. Husni Ramli, melalui Kasat Narkoba AKP M. Jayadi, S.Sos, menegaskan tujuan utama seminar ini. “Kami berupaya meminimalisir dan menekan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar untuk menyelamatkan generasi bangsa dari dampak negatif narkoba di usia dini,” ujarnya.

Sebagai narasumber utama, AKP M. Jayadi memberikan paparan tentang bahaya narkotika bagi kaum remaja, dengan menyajikan data pengungkapan kasus narkoba di Wilayah Hukum Polres Luwu Utara yang mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2023/2024.

Dalam sambutannya, Akp M. Jayadi mengajak seluruh peserta untuk aktif dalam membantu pihak kepolisian, khususnya Polres Luwu Utara, dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika melalui aduan online “LAPORKI KE PAK KAPOLRES TA” dengan nomor kontak 0812 7575 2001. Selain itu, ia juga mengingatkan remaja yang hadir dalam bulan suci Ramadan untuk menjauhi perilaku berbahaya seperti balapan liar.

Akp Muh Jayadi menekankan pentingnya pemahaman tentang bahaya narkotika bagi para pelajar sebagai penerus bangsa.

“Kami terus melakukan edukasi bahaya narkoba secara persuasif terhadap remaja, khususnya di Wilayah Hukum Polres Luwu Utara,” tambahnya.

Acara seminar dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kasat Narkoba beserta Kanit Lidik 1, Lurah Marobo Jamal S.AN, Wakil Dekan 1 Universitas Muhammadiyah Palopo Nasriadin, S.Pd, M.Hum, perwakilan dari Kelapa SMAN 5 Kabupaten Luwu Utara, Wakil Dekan Universitas Muhammadia, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah, serta siswa SMA Negeri 5 Luwu Utara.

Kasat Narkoba juga memberikan pesan kepada para pelajar yang hadir untuk menjauhi minuman keras dan narkoba, sambil mengajak orang tua dan guru untuk aktif mengawasi anak-anak mereka.

“Jangan sampai mereka terjerumus pada lingkaran yang keliru,” pungkasnya. Lap Zakaria.